Translate

Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini

Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini

Boarding School di Jawa Timur

Apa itu boarding school? Jika belum, yuk baca artikel berikut ini sampai tuntas. Saat ini banyak orang tua yang tidak hanya mementingkan pendidikan akademik anaknya saja tetapi juga akhlak.

Pendidikan dan akhlak mulia keduanya sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Realita inilah yang kemudian membuat sekolah berasrama atau boarding school di Jawa Timur menjadi begitu diminati.

Banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya ke sini. Bagi kamu yang masih penasaran tentang sekolah boarding school, mari simak penjelasan berikut ini.

 

Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini
Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di Sini



Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini

Boarding School di Jawa Timur

Oxford Dictionary terdapat penjelasan tentang hal tersebut. A boarding school is a school where pupils live during the term.

Ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bisa dikatakan sebagai sekolah berasrama sekaligus lembaga pendidikan, yang siswanya belajar dan tinggal bersama selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Arti ini dapat diperluas menjadi siswa di suatu lembaga pendidikan yang tidak hanya belajar, melainkan bertempat tinggal di lembaga tersebut.

Boarding school merupakan sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi para siswa. Jadi di sini kamu akan tinggal, menimba ilmu dan melakukan berbagai macam kegiatan di lembaga/tempat tersebut.

Sistem yang digunakan oleh sekolah ini memungkinkan terjadinya interaksi dan komunikasi yang lebih intensif antara kamu dan guru. Hal inilah yang akan membuat kemampuan kamu lebih berkembang, seperti kemampuan kognitif dan psikomotorik.

 

Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini

Boarding School di Jawa Timur

Tujuan dari Boarding School

1 – Pendidikan Bermutu

Kamu akan memperoleh pendidikan yang bermutu dan mengintegrasikan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kecakapan hidup. Selain itu kamu akan memperoleh sistem pendidikan yang lebih efektif, kondusif, dan berdaya saing dengan sekolah-sekolah lainnya. Dijamin kamu akan menjadi generasi unggul.

2 – Fasilitas Terbaik

Sekolah dengan sistem boarding school tentunya memiliki fasilitas yang lebih baik. Fasilitas ini dapat dijadikan sebagai alat penunjang kamu untuk berprestasi. Jam belajar juga akan lebih banyak, sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk belajar dan mendalami berbagai mata pelajaran yang ada.

3 – Bimbingan Intensif

Di sini kamu juga akan memperoleh bimbingan dan bantuan belajar yang lebih intensif dari guru pendamping saat mengalami kesulitan belajar. Guru pendamping juga akan meminimalisir dan membentengi kamu dari pengaruh negatif yang ada di luar.

4 – Melatih Kecakapan Sosial

Melakukan berbagai kegiatan sehari-hari secara bersama-sama akan membuat kerukunan dan kekeluargaan menjadi lebih kuat. Hal ini akan membuat kamu memiliki kecakapan sosial yang lebih baik daripada siswa di sekolah biasa. Dan kamu bisa membayangkan begitu serunya ketika melakukan berbagai kegiatan bersama teman-teman.

 

Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini

Boarding School di Jawa Timur

1.     SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Malang

SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School hadir di tengah derasnya arus globalisasi dan perubahan zaman sebagai sekolah islam berbasis karakter dan pesantren. Memberikan layanan pendidikan Islam melalui program pendidikan karakter sebagai pondasi utama untuk menghasilkan peserta didik yang berkomitmen keislaman, kebangsaan, dan kecendikiaan.

Boarding School hadir melalui Ma’had Sabilillah Malang yang terintegrasi untuk mewadahi penguatan kematangan spiritual sebagai penyeimbang wawasan ilmu pengetahuan dan softkill untuk menjadi bekal dalam mencetak pemimpin islam masa depan.

SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat memadahi untuk mendukung kegiatan-kegiatan pembelajaran siswa, pengasuhan atau pembinaan santri:

1.     Gedung belajar terdiri dari 2 gedung, yakni gedung belajar putra dan gedung belajar putri yang terdiri 3 lantai

2.     Ruang belajar yang dilengkapi Wifi dan LCD

3.     Perpustakaan/E-Library yang representatif

4.     Laboratorium Al Qur’an

5.     Laboratorium Kimia

6.     Laboratorium Biologi

7.     Laboratorium Fisika

8.     Laboratorium Komputer

9.     Ruang Musik

10. Ruang Ekstrakurikuler

11.Ruang Olimpiade

12.  Ruang Majelis Orang Tua Siswa

13. Pusat Sumber Belajar (Learning Resources)

14.  Gazebo Pembelajaran merupakan ruang outdoor yang nyaman untuk berdiskusi dan belajar

15. Gedung ma’had terdiri atas 2 gedung, yakni gedung ma’had putra (lil banin) dan gedung ma’had putri (lil banat) yang setiap gedung terdiri atas 4 lantai.

16.Setiap lantai terdapat 10 kamar @ ukuran 5m x 6m dengan kapasitas 6 santri setiap kamar

17.Setiap kamar terdapat 6 tempat tidur, almari pakaian, dan meja belajar

18. Setiap kamar dilengkapi dengan 2 kamar mandi yang bersih dan 1 wastafel.

19.  Lapangan olah raga didukung sarana yang memadai

20.   Masjid yang representatif sebagai tempat bermunajat kepada Allah SWT

21.  Ruang penyimpanan laptop dan ponsel santri

22.  Fasilitas laundry melalui layanan SISMA Clean

23. Fasilitas layanan kebutuhan harian melalui SISMA mart putra dan putri

24. SISMA Indoor Swimming Pool yang terdiri dari 2 ruang dengan kolam renang untuk anak dan dewasa

25. Dapur yang siap melayani kebutuhan makan santri 3 x setiap hari

26. Ruang Makan Putra dan Putri

27. Hall dan Ruang Tamu yang nyaman

28. Ruang wali asuh/musyrif yang menyatu di dalam gedung ma’had

29. Rumah Dinas Pengasuh Ma’had Putra dan Putri

30. UKS dan obat-obatan P3K

31. Pengamanan oleh satpam yang siaga selama 24 jam

Alamat

Jl. Terusan Piranha Atas No. 135 Malang, Telp/Fax. 0341 – 400995, email admin@sekolahsabilillah.sch.id


2.     SMP, SMA Ar Rohmah Islamic Boarding School Malang

Menggunakan Kurikulum Integral Berbasis Tauhid khas Hidayatullah, tentunya diintegrasikan pula dengan Kurikulum Nasional yang diakreditasi pemerintah (Kemendikbud).

Sistem pendidikan boarding school yang berpusat pada masjid, sekolah, dan asrama, serta didampingi dan dibimbing asatidzah yang bermukim di kompleks yang sama.

Ananda merasa seperti di rumah, dibimbing oleh kakak dan orang tuanya.

Memberikan pembekalan yang seimbang antara Al-Qur’an, dasar-dasar ilmu diniyah dan akademik umum, serta bahasa (Indonesia, Arab, Inggris).

Sebagai bakti mendidik dan menyiapkan bekal dunia dan akhirat.

Kelas, asrama, dan banyak fasilitas penunjang lainnya yang bersih serta didesain khusus untuk kenyamanan proses pendidikan.

Mengintegrasikan penanaman adab, pembentukan tradisi ibadah dan budaya belajar, kemandirian pribadi dan kematangan sosial, serta leadership.

Sehingga menjadi anak yang terlatih dan mempunyai bekal yang lengkap dan kuat dalam menjalani kehidupan. 
Ar-Rohmah Islamic Boarding School merupakan institusi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri. Tak hanya mendidik siswa-siswi di jenjang SMA, Ar-Rohmah Islamic Boarding School Jawa Timur juga mendidik siswa di jenjang SMP.

Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, lembaga pendidikan ini memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh.

Ar-Rohmah merupakan bagian dari Jaringan Sekolah Integral Hidayatullah dengan lebih dari 300 cabang se-Indonesia. Dengan lengkapnya fasilitas dan pelayanan yang diberikan, biaya di pondok pesantren unggulan ini lebih terjangkau.

 

KURIKULUM NASIONAL

 

Struktur, buku ajar, tata kelola (manajemen), dan sistem penilaian merujuk kepada standar yang telah ditetapkan dan diakreditasi oleh BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah).

 

KURIKULUM DINIYAH KHAS HIDAYATULLAH  

 

Santri dididik memahami ilmu-ilmu fardhu ‘ain seperti aqidah, fiqh, dan Al-Qur’an; sekaligus ilmu-ilmu fardhu kifayah seperti nahwu, shorof, dan ushul fiqh. Setiap santri akan menempuh 6 jenjang Mubtadi’ dan Mutawassith (setara kelas VII SMP sampai XII SMA). Dalam sistem ini, santri akan dibimbing untuk mengkaji dan mengkhatamkan 21 kitab klasik dan modern, yaitu: Adab Guru dan Murid (Ibnu Jama’ah/Alimin Mukhtar), Al-’Aqidah Ath-Thahawiyah (Abu Ja’far Ath Thahawi), Mukhtashar Syu’abil Iman (Al-Baihaqi/Al-Qazwini), Muqaddimah Fi ‘Ulumil Qur’an, Tafsir As-Sa’diy (sebagian), Tafsir Ringkas 5 Surah Pertama yang diturunkan, Al-Arba’in An Nawawiyah, Riyadhus Shalihin (An-Nawawi), Minhatul Mughits Fi ‘Ilmi Mushthalahil Hadits (Hafizh Hasan Al-Mas’udi), At-Tadzhib Fi Adillati Matn Al-Ghayah Wat Taqrib (Abu Syuja’/Musthafa Dib Bugha), Al-Waraqat Fi Ushulil Fiqh (Imamul Haramain Al-Juwaini), Durusul Lughah Al-’Arabiyah (Madinah, Dr. V. Abdurrahim), Muqarrar Imla’ Wal Khoth, Matn Al-Ajurumiyyah (Ibnu Ajurum Ash-Shinhaji), Al-Amtsilah At-Tashrifiyah (KH Ma’shum Seblak), Syarh Al-Kaylani, Nurul Yaqin Fi Siratil Sayyidil Mursalin (Khudhary Bek), Qishashul Anbiya’ (Ibnu Katsir), Fiqh Sirah (Ramadhan al-Buthi). Tilawah Qur’an Metode Ummi,dan Terjemah Qur’an Metode Grand MBA. Santri juga dibekali skill baca kitab gundul dan metodologi pembelajaran (didaktik-metodik, teori & praktik).

 

KURIKULUM KEPENGASUHAN

 

Kepengasuhan santri di Ar-Rohmah Putri didesain sebagai bimbingan praktis dan aplikatif untuk mengamalkan Islam dalam keseharian santri. Kultur, fasilitas, tata tertib, jadwal hidup dan kegiatan santri didesain sebagai satu kesatuan proses penanaman nilai-nilai dan ajaran Islam ke dalam kepribadian mereka, seperti menomor-satukan Allah, kepatuhan kepada syariat, ketaatan kepada pemimpin, budaya thalabul ‘ilmi, hidup berjamaah dan toleransi, kejujuran dan integritas diri, kedisiplinan, kebersihan diri dan lingkungan, kemandirian, kepedulian dan empati, manajemen dan leadership, dan kesederhanaan. Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH) termasuk di dalamnya.

 

Silahkan, Sesuaikan Dengan Jadwal Berikut

Ar-Rohmah memiliki 3 kampus unggulan yang terletak di 3 tempat yang berbeda, relatif dekat dengan kampus-kampus favorit di kota Malang.
·         Ahad: 08.00 - 17.00

·         Senin- Jumat: 09.00 - 17.00

·         Call Centre: 0812 331 60000

·          

3.     SMP, SMA Thursina International Islamic Boarding School Malang

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah peradaban dunia, lingkungan sosial bahkan keluarga dan anak-anak kita. Perubahan dan tantangan tidak bisa kita hindari karena sudah menjadi sunnatullah yang harus kita hadapi.

Sebagai orang tua dan muslim, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mendidik dan mempersiapkan anak-anak kita menjadi muslim yang taat pada ajaran Islam dan sekaligus siap menghadapi perubahan dan tantangan tersebut. Seperti yang Tuhan katakan:

لْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْتَرَكُوْا لْفِهِمْ افًا افُوا لَيْهِمْ لْيَتَّقُوا اللهَ لْيَقُولُوْا لاً ا

“Dan hendaklah orang-orang itu takut seolah-olah mereka telah meninggalkan anak-anak yang lemah dan takut kepada mereka (bahwa mereka akan ditimpa kezaliman). Maka hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan mengucapkan kata-kata keadilan (kebenaran).” (QS: An-Nisa:9).

Salah satu upaya strategis dalam membangun generasi tangguh adalah dengan memberikan pendidikan terbaik. Pendidikan diharapkan dapat memberikan pewarna yang baik (shibghah) dengan menyelenggarakan program pendidikan yang dapat membentuk kematangan spiritual dan emosional, ketajaman berpikir dan keterampilan serta integritas yang terpuji. Namun, tidak semua lembaga pendidikan mampu menyediakan bekal yang cukup sehingga generasi yang ada masih cenderung lemah, kurang percaya diri, dan belum mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun global.

Dalam upaya menjawab keresahan tersebut, Thursina International Islamic Boarding School (IIBS) hadir dengan harapan menjadi sebuah capaian pendidikan yang mampu memberikan bekal bagi anak-anak kita dan generasi umat Islam pada umumnya untuk mampu berdiri teguh dan percaya diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan zaman dengan menyelenggarakan program-program yang lebih holistik, seimbang, sesuai dengan tuntutan perubahan zaman (relevant) dan dikelola dengan penuh kepercayaan dan efektifitas (well-managed). Gambaran filosofi proses pendidikan di Thursina dapat dilihat pada diagram berikut.

Pendidikan holistik merupakan paradigma pendidikan multidimensi yang melandasi proses pendidikan di Thursina. Sesuai dengan fitrahnya, Allah SWT telah membekali anak-anak kita dengan fitrah yang benar yaitu amanah, kecerdasan intelektual dan terampil yang tinggi, emosi positif, integritas yang tinggi, perasaan fisik yang halus dan kuat. Semua potensi tersebut akan berkembang sesuai dengan pendidikan yang kita berikan.

Pendidikan yang ideal harus mampu memfasilitasi pengembangan potensi dasar tersebut secara maksimal dan menyeluruh. Namun praktik pendidikan yang ada cenderung parsial dan terjadi dikotomi (pemisahan) antar bidang ilmu yang dapat menghambat perkembangan fitrah dasar anak kita. Di negara-negara barat, pendidikan cenderung sekuler. Pendidikan semacam ini mampu mencetak generasi yang cerdas dan berkreativitas tinggi, namun lemah secara vertikal (spiritual) sehingga cenderung materialistis dan individualis. Di satu sisi, pendidikan di negara mayoritas Muslim masih cenderung dogmatis dan konservatif sehingga menghasilkan generasi yang kurang kompeten, kurang kreatif dan kurang percaya diri sehingga belum mampu bersaing di hampir semua bidang kehidupan.

Pendidikan di Thursina berupaya memperbaiki kedua paradigma tersebut dengan menjadikan konsep ajaran Islam (al-Qur'an dan al-Hadits) sebagai landasan dan pusat dari semua proses pendidikan yang ada. Dalam proses pendidikan, peserta didik akan mengikuti proses pembelajaran (ta'lim) secara menyeluruh dan seimbang, proses pembiasaan dan pembentukan karakter/adab (ta'dib) dan proses pemurnian niat dan diri (tazkiyah) melalui program ibadah harian santri.

Proses dan tujuan pendidikan di Thursina juga dilakukan dan diarahkan secara seimbang. Keseimbangan atau At-tawazun adalah salah satu prinsip mulia ajaran Islam. Dalam konteks pendidikan, asas keseimbangan dapat diartikan memberikan muatan kurikulum yang komprehensif dan menjadikan proses pendidikan proporsional dengan fitrah manusia dengan tujuan mencapai kebahagiaan di dunia dan akherat. Sebagaimana Firman Allah SWT:

ابْتَغِ ا اكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَا الدُّنْيَا ا اللَّهُ لَيْكَ لَا الْفَسَادَ الْأَرْضِ اللَّهَ لَا الْمُفْسِدِينَ

“Dan carilah tempat tinggal di akhirat dengan apa yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melupakan bagianmu di dunia ini (juga). Berikanlah (memberi tanpa mengharapkan balasan) sebagaimana yang telah Allah berikan kepadamu dan janganlah kamu mencari (menyebabkan) kerusakan.” (QS. Al Qashash: 77).

Meski menerapkan kurikulum yang beragam, proses pendidikan di Thursina dilakukan secara proporsional dan menjaga stabilitas psikologis dan kesehatan fisik santri. Dalam praktiknya, para santri diberikan waktu khusus untuk beribadah, belajar, bersosialisasi dengan teman sebaya, berkomunikasi intensif dengan keluarga, rekreasi atau bahkan tidur siang (qolulah). Pendidikan yang kompetitif akan mengantarkan anak-anak kita menjadi pribadi yang unggul secara utuh dan dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Selain proses dan tujuan yang seimbang, Thursina juga mengeluarkan isi dan metode agar tetap sesuai dengan tanggal dan waktu. Kurikulum yang kurang relevan akan membebani santri tidak hanya dalam menghadapi ujian dan ujian di sekolah akan sangat signifikan dalam menghadapi berbagai macam masalah secara terus menerus. Oleh karena itu, kajian isi kurikulum menjadi sangat strategis dan terus menerus perlu dilakukan baik isi materi kurikulum al-Quran, diniyah, nasional, pengembangan diri santri dan kurikulum internasional.

Selain kurikulum yang relevan, metode di Thursina juga dituntut untuk selalu up to date. Metode yang relevan dengan kondisi lingkungan, perkembangan fisik dan psikis, gaya belajar (learning style) dan lain sebagainya akan memudahkan anak untuk belajar. Oleh karena itu, seluruh guru dan murabbi di Thursina dituntut untuk mampu memberikan pembelajaran yang menarik, efektif dan efektif dengan strategi dan salaf modern seperti yang telah dicontohkan Rasulullah. Selain itu, guru dan murabbi juga dituntut untuk meningkatkan keterampilannya dengan berbagai program.

Sehubungan dengan hal tersebut, para sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib telah mengajak kita untuk mendidik anak-anak kita sesuai dengan kondisi zamannya. Dengan kata lain, dalam mendidik anak, kita dapat menambahkan konten dan metode yang relevan sesuai dengan kondisi saat ini dan tantangan di masa depan.

·         Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan calon wali santri memilih Thursina International Islamic Boarding School SHS sebagai tempat pembentukan pribadi yang unggul:

·         Pendekatan Pendidikan Holistik & Seimbang

·         Sistem pendidikan yang komprehensif dan seimbang (Tahfidz, Diniyah, Academic, IGCSE Cambridge, Self Development, Sport and Entrepreneurship)

·         Staf Pengajar Lokal dan Ekspatriat

·         Guru berasal dari dalam dan luar negeri

·         Ruang Kelas Kecil & Pribadi

·         Kelas Kecil Maksimal 20-25 siswa per kelas

·         Pendaftaran Universitas Reputasi Terjamin *)

·         Jaminan diterima di universitas terkemuka di dalam dan luar negeri (*sesuai peta kompetensi mahasiswa)

·         Program Tahfidz Intensif

·         Program tahfidz 10 juz (30 juz untuk program takhassus)

·         Ruang Kelas Kecil & Pribadi

·         Kelas Kecil Maksimal 20-25 siswa per kelas

·         Pengalaman Belajar yang Menghargai: Kunjungan ke Luar Negeri, Multikultural, dan Suasana Internasional

·         Pengalaman belajar yang bermakna

·         Camapus Modern dan Fasilitas Pembelajaran Tercanggih

·         Fasilitas belajar dan kampus modern

·         Lingkungan Arab dan Inggris yang Kuat

·         Lingkungan berbahasa Arab dan Inggris yang kuat

·         Komunikasi dan Layanan yang Responsif, Ramah

·         Sistem pelayanan dan komunikasi yang cepat dan ramah

4.     SMP, SMA Al Mahiira International Islamic Boarding School Malang

Visi

Terwujudnya prestasi yang unggul, budaya yang ramah lingkungan dan fokus pada Islamic Value, Excellent Academic and Friendly Based Education berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah.

Misi

Menanamkan Aqidah, Ibadah, Akhlak dan Muamalahsantri berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah

Mempersiapkan peserta didik menjadi penghafal Al Qur’an

Meningkatkan kompetensi guru untuk menghasilkan prestasi siswa yang unggul berbasis nasional dan international

Meningkatkan budaya ramah lingkungan disemua stakeholder

Mempersiapkan peserta didik mempunyai life skill sesuai dengan minat dan bakat

 

Alamat Al Maahira International Islamic Boarding School

Perumahan Royal Tirtasani Kepuharjo Wetan, Karangploso, Malang, Indonesia 65152

Office 081381301310

Email : almaahiraiibs@gmail.com

Al-maahiraiibs.sch.id

 

5. Al Izzah IIBS, ALS IIBS

Tahun ajaran baru bakal tiba, tentunya ini akan menjadi momen ketika para lulusan SD atau SMP beserta orang tua mencari sekolah maupun pondok pesantren terbaik. Bagi wali murid yang mencari pondok pesantren di kawasan Malang Raya tentunya pusing dengan beragam pilihannya.

Yakni Al Izzah International Islamic Boarding School di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. Lalu Al Hikmah Boarding School Batu di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Dan Tazkia Islamic International Boarding School Landungsari, Kecamatan Dau.

 

Kota Batu tidak hanya populer sebagai destinasi wisata menarik. Kota dengan hawa sejuk tersebut juga punya beberapa sekolah dengan kurikulum internasional, salah satunya Al Izzah International Islamic Boarding School. Menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA, biaya masuk di sekolah ini memang tidak bisa dikatakan murah.

 

Dikutip dari situs resminya, Lembaga Pendidikan Muslimah Indonesia (LPMI) Al Izzah pertama kali didirikan oleh Ustaz H. Ali Imron, M.Ag pada tanggal 17 Juli 2006 silam, dan diresmikan oleh Menteri Pemuda & Olahraga, Adhyaksa Dault dan Wali Kota Batu saat itu, Imam Kabul. Berlokasi di Jalan Indragiri Gang Pangkur No. 87, Sumberejo, Kota Batu, LPMI Al Izzah dibangun berlandaskan keinginan yang kuat memberi jawaban alternatif terhadap kecemasan para orang tua mengenai masa depan anak-anaknya, khususnya anak-anak putri.

 

Pada awal pendirian, Al Izzah menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang menengah pertama atau SMP, yang kemudian disusul dengan pembukaan pendidikan jenjang menengah atas atau SMA pada tahun 2011. Dengan mengikrarkan diri menjadi sekolah berstandar internasional dan terakreditasi A, Al Izzah tidak butuh waktu lama untuk menjadi salah satu sekolah unggulan di kawasan Kota Batu.

 

Menawarkan cara-cara baru dan inovatif, program SMP dan SMA Al Izzah mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islami. Dalam sistem ini, sekolah berharap santri mengenal secara mantap tentang jati dirinya sebagai generasi Islam, sekaligus mampu menampilkan bakat dan potensi mereka, serta memandang secara optimistis setiap fenomena mutakhir yang kelak dihadapinya. Artinya, mereka harus dididik dalam sebuah lembaga yang mengintegrasikan nilai-nilai fundamental Islam dengan pemberian wawasan yang komprehensif mengenai tantangan di zamannya.

 

Layaknya lembaga pendidikan lainnya, Al Izzah International Islamic Boarding School juga telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di tempat ini, dapat ditemukan gedung sekolah yang komprehensif, asrama untuk santri, masjid, ruang makan, fasilitas olahraga, fasilitas tempat belajar di ruang terbuka, learning resources center, lapangan olahraga, laboratorium, taman pengembangan ilmu dan teknologi, gazebo dan saung Al Quran, hall terbuka, klinik kesehatan dan kecantikan, serta guest house.

 

Program Studi di Al Izzah International Islamic Boarding School

Ilustrasi: aktivitas belajar di kelas SMA Al Izzah Batu (sumber: sma.alizzah-batu.sch.id)

Ilustrasi: aktivitas belajar di kelas SMA Al Izzah Batu (sumber: sma.alizzah-batu.sch.id)

 

Seperti dijelaskan sebelumnya, LPMI Al Izzah saat ini menaungi program pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA, dengan melakukan terobosan bersamaan dengan isu-isu yang terkait dengan program Sekolah Bertaraf Internasional atau SBI. Sekolah ini lantas melaksanakan program SBI secara mandiri yang berafiliasi dengan kurikulum Cambridge, dan Al Izzah dikatakan sebagai Center of Cambridge International Examination di Jawa Timur.

 

Seiring dengan berjalan waktu, program kelas international ini telah menjadi program yang sangat strategis dan merupakan salah-satu dari sekian banyak program unggulan di Al-Izzah, dengan derivasi sub-program di antaranya student exchange, teacher exchange, sister school (sekolah-sekolah di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei), literatur bertaraf international, adanya siswa dari negara lain, hingga native speaker yang berkelanjutan dan pendampingan dari dosen perguruan tinggi.

 

Ada kelas-kelas yang menjadi unggulan di Al Izzah. Kelas Takhassus Al Quran misalnya, merupakan kelas unggulan yang diperuntukkan siswa yang ingin mendalami bidang Al Quran, khususnya pada hafalan. Dalam setiap angkatan, hanya terdapat satu kelas yang memfokuskan pada program ini untuk jenjang SMP. Setiap siswa yang direkrut untuk program ini merupakan siswa terpilih, berdasarkan kemampuan baca Alquran dan minat orang tua.

Kelas unggulan lainnya adalah Kelas Olimpiade, yang merupakan kelas yang dipersiapkan khusus untuk menyongsong kompetisi di bidang olimpiade dan kemampuan menyusun karya tulis ilmiah. Penyelenggaraan program disesuaikan dengan waktu pelaksanaan olimpiade. Beberapa peserta dan tim olimpiade yang bisa mengikuti program ini adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (OSN MIPA), Kompetisi Ekonomi (KOMPEK), Olimpiade Ilmu Sosial (OIS), dan kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KTI).

 Selain jenjang SMP, Al Izzah juga memiliki beberapa program unggulan untuk siswa atau santri yang menempuh pendidikan di jenjang SMA. Pada jenjang ini, masing-masing siswa, baik kelas IPA maupun kelas IPS, ditargetkan untuk bisa menghafal 15 juz Al Quran dan juga akan diberikan kurikulum internasional berbasis Cambridge University.

Seperti diutarakan sebelumnya, berstandar internasional, biaya masuk di Al Izzah, Kota Batu memang tidak bisa dikatakan murah. Menurut beberapa sumber, biaya sekolah di tempat ini malah dikatakan mencapai angka puluhan juta rupiah, baik untuk jenjang SMP maupun SMA. Namun, pihak sekolah menuturkan angka itu sebanding dengan pelajaran yang diberikan. 

 6. Al Hikmah Boarding School di Kota Batu

Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Al Hikmah merupakan merupakan lembaga dakwah berbasis pendidikan. Lebih dari seperempat abad, Al Hikmah telah mempresentasikan sistem sekolah sehari penuh sebagai terobosan pendidikan bagi Indonesia. Segala puji hanya untuk Allah SWT., hari ini, semua sekolah yang berada di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Islam Al Hikmah (YLPIH) dari KB/TK hingga jenjang SMA telah menjadi pilihan bagi orang tua dalam mengirim anak-anak mereka untuk belajar.

 Visi

Menjadikan Sekolah Al Hikmah sebagai agen perubahan masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah

 

Misi

Menjadi lembaga pendidikan Islam yang layak dan mudah dicontoh

Al Hikmah Boarding School Batu (SMP-SMA)

Jalan Raya Giripurno 145, Dusun Sabrangbendo, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Telp. SMP/SMA : 087815583999/08113007055

Fax. -

Email. smpalhikmahbatu.boarding@gmail.com / smaalhikmahbatu@gmail.com

boarding.alhikmahsby.sch.id

 

 

Self Directed Learning

Pendekatan terstruktur untuk membantu siswa menyesuaikan model pembelajaran mereka untuk mencapai tujuan belajarnya.

Setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda dan bagaimana mereka belajar dan apa yang mereka butuhkan untuk belajar pun tentunya berbeda.

Siswa bertanggung jawab untuk mendefinisikan dan mencapai tujuan pembelajaran mereka, dengan bantuan modul belajar. Dengan dukungan teman dan pembina, mereka memutuskan bagaimana, apa dan kapan mereka ingin belajar dan yang paling mendasar mengapa pembelajaran itu penting bagi mereka.

Self-Managed Learning (SMP)               

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menginisiasi proses belajar dengan cara melakukan penjadwalan dan mengevaluasi belajar secara mandiri.

Menumbuhkan keterampilan metakognitif sehingga siswa mampu mengenali pribadinya secara utuh baik kelebihan maupun kekurangan yang dimilikinya.

Berbeda dengan kelas konvensional, siswa belajar dengan fasilitas Self-Organised Learning Environment sehingga memungkinkan terjadinya pembelajaran yang lebih personal daripada klasikal.

                                            

Nurturing With Values and Piety               

Nilai-nilai kemanusiaan yang universal serta nilai-nilai religius islam dipraktikkan dalam kehidupan berasrama dan pengasuhan, hal ini semata-mata agar nilai-nilai tersebut bisa terinternalisasi dalam kehidupan siswa

 

Proposal Hidup               

Sejak dini para siswa merencanakan apa-apa yang ingin mereka raih dalam kehidupan di luar sekolah sepasca mengenyam pendidikan di Al Hikmah Boarding School. Dalam proposal hidup yang mereka buat, mereka juga memilih strategi serta menuliskan linimasa pekerjaan-pekerjaan yang menjadi target jangka pendek serta jangka panjang mereka.



PRINSIP PEMBELAJARAN DI SMP AL HIKMAH BOARDING LIFE

1. Self Managed Learning

·         Pendekatan terstruktur untuk membantu siswa menyesuaikan model pembelajaran mereka untuk mencapai tujuan belajarnya

·         Setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda dan bagaimana mereka belajar dan apa yang mereka butuhkan untuk belajar pun tentunya berbeda

·         Siswa bertanggung jawab untuk mendefinisikan dan mencapai tujuan pembelajaran mereka, dengan bantuan modul belajar. Dengan dukungan teman dan pembina, mereka memutuskan bagaimana, apa dan kapan mereka ingin belajar dan yang paling mendasar mengapa pembelajaran itu penting bagi mereka.

 

2. Mastery Learning

Setiap anak berbeda.  Demikian  juga dengan waktu yang dibutuhkan mereka untuk menguasai pembelajaran. Dalam kelas  tradisional, pembelajaran tuntas berdasarkan waktu biasanya dibagi dalam semester. Dalam mastery learning, anak-anak memiliki keleluasaan dalam hal waktu, yang mereka harus capai adalah level mastery (100) untuk setiap topik pembelajaran yang diajarkan.

 

3. Problem-Based Learning

Menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk merangsang berfikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah adalah menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog. 

 

4. Discovery Learning

Dalam pembelajaran discovery(penemuan) kegiatan atau pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan konsep-konsep dan prinsip-prinsip melalui proses mentalnya sendiri. Dalam menemukan konsep, siswa melakukan pengamatan, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menarik kesimpulan dan sebagainya untuk menemukan beberapa konsep atau prinsip.

 

5. Multi Disciplinary Project Based Learning

Proyek besar lintas mata pelajaran, di mana Matematika, Bahasa, dan Seni terintegrasi.

 

6. Islamic Value Reflective Learning

Refleksi adalah wajib dalam pengajaran dan pembelajaran. Ini melatih keterampilan metakognitif siswa. Siswa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam topik tertentu. Yang penting adalah siswa dapat menarik pesan apakah apa yang telah mereka pelajari semakin membuat mereka lebih dekat kepada Allah Swt.

 

GRAND PROGRAM SMP AL HIKMAH BOARDING LIFE BATU

1. PROGRAM KEISLAMAN:

PONDASI (Program Pembinaan Dasar Keislaman) : Penguatan aqidah,ibadah, adab siswa melalui taklim rutin reguler dan pengawalan dalam aktifitas kesehariannya

POSTUR MABA  ( Program  Tersruktur Masa Aqil Baligh) : Pembinaan dan pendampingan intensif menjelang masa aqil baligh hingga siswa mengetahui tanda-tandanya serta memahami makna kesempurnaan dandan tujuan penciptaannnya

PROFIDZ (Program Tahfidz) : Menumbuhkan rasa cinta siswa pada Al Qur’an dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk menghafal hingga 30 Juz Al Qur’an atau sesuai target dan kemampuannya

 

2. PROGRAM PENDIDIKAN

MAJU PESAT 1 (Masa Jumpa Perdana Siswa Angkatan Tahun ke 1) : Membuat siswa merasa nyaman hingga bisa mempercepat proses adaptasi di lingkungan barunya, serta tergali potensi dasar ibadah, akhlaq, akademis dan psikologisnya

TRAPI IMAN ( Training  Calon pemimpin Indonesia masa depan): Program pembinaan berjenjang untuk meningkatkan ketrampilan hidup dan dasar-dasar kepemimpinan siswa melalui integrasi di kegiatan kepramukaan

NAKAR IKAN ( Bina Karakter Rutin Pekanan) : Berisi serangkaian kegiatan rutin siswa yang  di desain untuk pencapian nilai-nilai karakter utama pada program PPK KEMNDIKBUD RI.

 

3. PROGRAM PENGAJARAN

PROKALIMAS   (Program Karya Tulis Ilmiah Siswa) : Pembinaan budaya literasi siswa yang mendorong  mereka memiliki kemampuan untuk  membuat tulisan formal dalam bentuk karya Ilmiah sebagai syarat kenaikan kelas IX

PROSESI (Program Sosial, dan  Ekonomi Siswa) : Melatih kepedulian dan kepekaan siswa terhadap kondisi disekitarnya, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mengelola kegiatan ekonomi sederhana

MABIT  (Mahir Bahasa Internasional) : Menciptakan kondisi lingkungan yang membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris dan arab dalam percakapan sehari-hari

 

4. PROGRAM EKSTRA

KEMBARI (Keminatan dan Bakat Diri) : Pemilihan kegiatan  ekstra kurikuler sekolah yang dirahkan pada bakat dan minat masing-masing siswa dan potensi yang ada padanya

PUKKIS    (Program  Unjuk  Kreasi dan  Karya Siswa) : Kegiatan apresiasi karya siswa dalam bentuk pameran akhir semester, menampilkan semua hasil karya siswa baik dalam kegiatan kokurikuler atauekstrakurikuler

PRO SEGAR (Program Olahraga Sehat dan  Bugar) : Program olahraga ringan setiap hari yang dilakukan sebelum aktifitas belajar di sekolah untuk melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan fokus

 

Profil SMA Al Hikmah Boarding School Batu

SMA Al HIkmah Boarding School Batu memiliki visi untuk mendidik peserta didik menjadi Pribadi Sholih, Mushlih, dan Akademik Optimal

Setelah seperempat abad,  YLPI Al Hikmah mempersembahkan sebuah sistem sekolah full day school kepada Negara Kesatuan RepubIik Indonesia. Keinginan untuk membangun konsep sekolah kader, yaitu sekolah yang mencetak calon pemimpin masa depan diwujudkan dengan membangun boarding school. SMA Al Hikmah Boarding School di buka di Kota Batu pada tahun 2018. Sekolah ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan air laut, di kaki gunung Arjuno.

 

VISI SMA Al Hikmah Boarding School Batu adalah meluluskan peserta didik sholih, muslih, berprestasi optimal, dan berkontribusi aktif pada peradaban global

 

MISI SMA Al Hikmah Boarding School Batu adalah

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menanamkan nilai-nilai islami dalam membina dan membentuk karakter kepemimpinan siswa.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengoptimalkan potensi peserta didik untuk berprestasi.
  3. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menumbuhkan semangat berkompetisi untuk berkontribusi bagi peradaban global.

 

Calon peserta didik diseleksi dengan tes akademik, tes psikologi, tes Al-Qur’an, tes kesempataan fisik serta wawancara kemudian mendapatkan pembekalan. Basic Leader Camp sebagai kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan selama 8 minggu untuk menumbuhkan sikap cinta pada Al Quran, pemahaman aqidah, ibadah, dan adab, membentuk kepemimpinan dan sikap bela negara, memberikan orientasi lingkungan sekolah, mengenalkan learn how to learn tiap mata pelajaran, memberikan kegiatan matrikulasi, peminatan, dan budaya khas Al Hikmah. Peserta didik diharapkan memiliki kemandirian, kedisiplinan, ketahanan fisik, motivasi untuk berjuang, dan jiwa persatuan dalam satu angkatan.

 

 

SMA Al Hikmah Boarding School  didukung sistem asrama. Asrama akan menjadi komunitas dakwah dan lingkungan sosial yang sehat dan islami (bi’ah hasanah), sebuah tanah subur bagi tumbuh kembangnya tunas-tunas muda pewarna peradaban. Pendidikan di SMA Al Hikmah Boarding School Batu bertujuan “mempersiapkan anak hidup beragama”.

 

Sekolah ini dilahirkan dengan konsep bahwa Islam menetapkan aqil baligh bagi anak untuk menerima tanggung jawab kedewasaan dan sekaligus menyadari bahwa masa depan adalah kecepatan perubahan. Oleh sebab itu dibutuhkan manusia yang memiliki jiwa adaptif dan mampu belajar hal baru di masa yang akan datang. Pendidikan di SMA Al Hikmah Boarding School berusaha menanamkan jiwa pembelajar dengan pendekatan self directed learning. Peserta didik menyusun sendiri jadwal belajarnya, memilih sendiri kapan jadwal evaluasi belajarnya, dan menentukan seberapa banyak dia belajar untuk pencapaian masa depannya. Learning Content Management System atau LCMS merupakan sistem IT terpadu yang mendukung self directed learning.

 

Sekolah ini memiliki Gedung sekolah berlantai 4. Lantai dasar untuk Kantin dan perpustakaan. Lantai 1 untuk Ruang kelas, ruang konseling, ruang BK. Lantai 2 untuk laboratorium dan ruang kelas. Lantai 3 untuk area sport center. Asrama untuk peserta didik disediakan, dengan fasilitas olahraga di sekitar asrama. Sekolah ini juga memiliki ruang lobi untuk menerima tamu dan menylenggarakan pertemuan atau pelatihan. Area sekolah ini dikelilingi fasilitas agraris berupa, perkebunan sayur, peternakan kambing, budidaya jamur, perkebunan buah apel dan jeruk.

 

 

Baru setahun berdiri, SMA Al Hikmah telah memiliki prestasi luar biasa. Pada ajang International Young Scientist Innovation Exhibition (IYSIE) di Kuala Lumpur Malaysia pada tanggal 8-12 Juli 2019, Tim Riset Al Hikmah Batu yang beranggotakan 6 siswa yang terbagi ke dalam 4 kategori lomba. berhasil meraih penghargaan 1 perak dan 3 perunggu. Pada saat hampir bersamaan SMA Al Hikmah boarding School Batu juga meraih Akreditasi "A" dari BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional SMA-SMK)

 

Boarding School di Jawa Timur, Yuk Raih Prestasi di sini

Boarding School di Jawa Timur

Referensi

1.      https://arrohmah.co.id/

2.      https://thursinaiibs.sch.id/

3.      https://al-maahiraiibs.sch.id/        

4.      https://sekolahsabillah.sch.id/

5.      https://alizzah-batu.sch.id/ 

6.    https://www.instagram.com/smaalhikmahbatuboardingschool/

7.    http://boarding.alhikmahsby.sch.id/




Baca Juga     

  1. Primagama Malang, Bimbel Belajar Favorit
  2. Paket Wisata Kediri, Sanjaya Tour
  3. Boarding School di Malang
  4. 27 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba
  5. Usaha yang Menguntungkan di Desa
  6. https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNi6pAswm8W8Aw
  7. https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMO_Pogswstq6Aw
  8. https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMOO2ogswpsG6Aw


 

 

 

Post a Comment

0 Comments