Translate

Terapi Bekam untuk Semua Penyakit

Terapi Bekam untuk Semua Penyakit


Terapi bekam adalah pengobatan yang dipercaya mampu mengeluarkan racun serta zat berbahaya. Selain  itu, terapi bekam juga dianggap mampu mengurangi rasa sakit serta proses peradangan di seluruh tubuh, dan juga membuat tubuh serta pikiran relaks.

Terapi ini melibatkan alat yang ditempel pada permukaan kulit agar supaya terjadi penyedotan pada kulit. Terapi bekam pada umumnya dijadikan sebagai pelengkap perawatan bagi orang-orang yang mengalami sejumlah penyakit dan kondisi tertentu.


Terapi Bekam untuk Semua Penyakit

Proses Bekam

Kini ada juga alat bekam yang lebih modern yaitu menggunakan pompa karet. Melalui alat ini, terapis menggunakan cangkir silikon yang dapat mereka pindahkan dari satu tempat ke tempat lain di kulit Anda.

Dalam metodenya, terapi bekam terbagi menjadi dua jenis, yaitu bekam kering dan bekam basah. Pada jenis terapi bekam kering, cangkir akan dibiarkan menempel selama beberapa menit, hingga akhirnya kulit memerah dan mencuat ke atas.

Berbeda pada terapi bekam basah, dilakukan sayatan dangkal pada kulit bekas bekam, lalu dilakukan penyedotan ulang di area kulit yang disayat untuk mengeluarkan sebagian kecil darah. Setelah selesai, bagian yang terluka akan diolesi dengan salep antibiotik dan ditutup dengan perban untuk mencegah infeksi.


Terapi Bekam untuk Semua Penyakit

Bekam Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, terapi bekam diduga mampu mengobati:

Tekanan darah tinggi

Migrain

Depresi, kegelisahan

Kelainan darah, seperti hemofilia dan anemia

Masalah kesuburan dan gangguan kandungan

Fibromyalgia dan arthritis

Jerawat dan eksim

Varises

Penyumbatan bronkus (saluran pernapasan) yang disebabkan oleh asma atau alergi.

Jika Anda memilih terapi bekam untuk mengatasi masalah kesehatan Anda, tidak perlu terlalu khawatir dengan bekas yang muncul setelahnya. Bekas kemerahan pada kulit setelah terapi bekam umumnya akan hilang sendiri dalam 10 hari.


Terapi Bekam untuk Semua Penyakit

Melakukan praktik pengobatan terapi bekam selama ini yang dirasakan ternyata tidak sakit dan menyenangkan. Perasaan risau dan ketakutan akan berganti relaks selama proses bekam. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih empat puluh lima menit ketika melakukan proses bekam. Alhasil, tubuh akan terasa enak setelah bekam. Sehingga menurut pengobatan terapi bekam tidak sakit.


Terapi Bekam untuk Semua Penyakit

Referensi

1. dr. Allert Benedicto Ieuan Noya

2. Guarneri, M. Oberg, E. & Balentine, J. MedicineNet (2016). Cupping Therapy

3. Marcin, A. Healthline (2016). What Is Cupping Therapy?

Kiefer, D. WebMD (2016). Cupping Therapy


Terapi Bekam untuk Semua Penyakit
 Terapi Bekam untuk Semua Penyakit 
Gambar pixabay.com




Post a Comment

0 Comments